Persahabatan Jadi Tumbal Ketika Berpasangan

24 Nov

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah hubungan cinta boleh jadi dibilang sangat mahal. Sebab, rata-rata orang cenderung mengorbankan dua hubungan terdekatnya, saat ia menjalin hubungan baru dengan lawan jenis. Demikian diungkap Profesor Robin Dunbar.

Menurut para peneliti dari Universitas Oxford, setiap kali seseorang memulai hubungan baru, biasanya ada dua hubungan yang tersingkir. Kebanyakan orang merasa tak cukup waktu untuk menjalani semua hubungan dekat. Hanya bisa dengan empat atau lima orang,

Selain itu, minat pada pasangan baru biasanya cukup menyita perhatian sehingga mengorbankan hubungan dengan dua sobat terdekat sekaligus.

Profesor Robin Dunbar mengatakan, biasanya pria memiliki 4-5 teman dekat, sedangkan wanita 5-6. Bagaimanapun juga, pria cenderung langsung mendepak sobat dekat mereka ketika ia baru memulai hubungan. Demikian hasil studi pada audiens yang berusia 18-60 tahun.

“Perhatian seorang yang jatuh cinta seolah tersedot pada pasangan baru, sehingga tak ada lagi waktu tersisa untuk teman-teman. Hal ini menyebabkan hubungan persahabatan yang ada jadi memburuk.”

Namun ternyata, bukan hanya romansa yang berhasil ‘mengusir’ teman jauh-jauh dari kehidupan seseorang. Anak-anak hingga anjing peliharaan juga terbukti memiliki dampak yang sama. Tak harus manusia, binatang peliharaan, hobi, film, ataupun tanaman kesukaan juga bisa menyita perhatian yang dulunya selalu diberikan pada teman-teman.

“Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa pria biasanya mengoleksi teman-teman facebook untuk menuai kesan baik dari lawan jenis,” ungkap Profesor Robin Dunbar. Meski rata-rata hanya 130 teman saja yang aktif berhubungan, namun pria bisa ‘meraup’ jaringan pertemanan dengan 1.000 orang. Pria juga cenderung memiliki lebih banyak teman ketimbang wanita. Sebab para wanita biasanya berteman dalam keseharian, sedangkan pria “tampaknya selalu bersaing untuk mendapatkan teman sebanyak mungkin.”

Mungkin hal di atas dipicu oleh pemikiran bahwa pria yang banyak teman (apalagi yang digandrungi banyak wanita juga) adalah pria yang baik dan pantas untuk dikejar. Benarkah demikian? Semuanya kembali pada pendapat kita masing-masing. (kpl/IKA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: